PJ Walikota Palopo Sambut Piala Adipura Ke-9 Kota Palopo

Arak-arakan piala Adipura dibawa mengelilingi Kota Palopo dan finish di halaman belakang Kantor Walikota Palopo (Foto : Ist)

KOTA PAPOLO, Kapitanews.id – Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si, menyambut arak-arakan piala Adipura tahun 2023, Kamis (07/03/2024).

Pj. Wali Kota Palopo didampingi Sekda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, menjemput piala Adipura tahun 2023 di perbatasan Palopo-Luwu, Kelurahan Sampoddo.

Arak-arakan piala Adipura dibawa mengelilingi Kota Palopo dan finish di halaman belakang Kantor Walikota Palopo.

Kepala Dinas Lingkungan hidup Kota Palopo, Emil Nugraha Salam, S.STP., MM, dalam laporannya menyampaikan, piala Adipura ini merupakan Adipura ke-9 untuk kategori Kota Sedang, yang diraih Kota Palopo.

“Untuk kategori ini, sudah 3 tahun berturut-turut Kota Palopo mendapatkan piala Adipura ini, sejak tahun 2021,” kata Emil Nugraha.

Emil juga menyampaikan terima kasih kepada Pj. Wali Kota Palopo atas arahan dan bimbingannya yang selalu memberikan support.

“Terima kasih kepada Pj. Wali Kota dan juga kepada seluruh tenaga kebersihan yang berjumlah kurang lebih 300 orang dan terdiri dari tenaga penyapu, tenaga pertamanan, tenaga kebersihan yang merupakan ujung tombak dalam membersihkan Kota Palopo,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, mengatakan, raihan piala Adipura ke-9 ini adalah pencapaian yang luar biasa.

“Bukan hanya pemerintah, melainkan semua lapisan masyarakat sehingga kita dapat meraih piala Adipura ini,” kata Asrul Sani.

Selain itu, Asrul juga mengucapkan terima kasih kepada mantan Wali Kota Palopo, Alm. Drs. HPA Tenriajeng, M.Si dan H.M. Judas Amir, yang telah meletakkan dasar-dasarnya.

“Saya hanya melanjutkan usaha beliau. Saya berharap kita dapat mempertahankan penghargaan ini. Tahun depan kita targetkan untuk mendapatkan Adipura Kencana,” ujarnya.

Asrul menjelaskan, Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

“Jika kita tidak menargetkan Adipura Kencana, maka pekerjaan kita cuma datar-datar saja. Oleh karena itu tahun ini kita sudah mengadakan satu unit mobil konverter sampah, yang kapasitasnya sama dengan tiga kali mobil pengangkut sampah yang ada sekarang ini,” jelasnya.

Asrul juga mengingatkan, agar semua pihak jangan lengah, meskipun kita telah mendapatkan Adipura yang ke-9

“Namun PR kita masih banyak, khususnya lokasi-lokasi yang tidak bisa dimasuki oleh armada pengangkut sampah,” ucapnya.

Semoga dengan adanya tambahan Armada ini, kata Asrul Sani, bisa semakin mengoptimalkan kinerja semua pihak yang terkait.

“Ke depannya kita akan uji coba kedua kecamatan untuk pengangkutan sampah terintegrasi. Seperti yang telah disampaikan oleh Wapres RI, bahwa target Indonesia tahun depan adalah pengurangan sampah sebanyak 30%, dan 70% sampah tertangani,” urainya.

“Oleh karena itu kita harus elaborasi target pemerintah pusat di Kota Palopo,” tutup Asrul.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan untuk para petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup.

Turut hadir dalam kegiatan ini, unsur Forkopimda Kota Palopo, Sekda Palopo, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD se-Kota Palopo, Camat dan Lurah se-Kota Palopo, serta tamu undangan lainnya.

Baca jug berita di Google News