Pertengahan Bulan Suci Ramadhan, SDN Katokkoan Masamba Gelar Kegiatan Khatam Qur’an bagi Tenaga Pendidiknya

Kegiatan Khatam Qur'an selama Bulan Suci Ramadhan di SDN Katokkoan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Foto: Ist

LUWU UTARA, Kapitanews.id – Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah.

Mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat dan mengerjakan berbagai aktivitas produktif, membuat kualitas ibadah makin bernilai dihadapan Allah SWT.

Banyak cara untuk meningkatkan kualitas ibadah di Bulan Ramadhan, selain melaksanakan ibadah wajib seperti sholat lima waktu dan lainnya, juga dengan memperbanyak ibadah sunnah dan kegiatan tadarrusan (mengaji).

Hal ini pula yang dilakukan di SDN Katokkoan Masamba, memasuki hari ke-15 Bulan Suci Ramadhan, menggelar kegiatan Khatam Qur’an yang diikuti oleh para tenaga pendidiknya (Guru-guru).

Seperti yang disampaikan oleh Kepala UPT SDN Katokkoan, Supiyan Sakti mengatakan bahwa, terdapat 40 orang jumlah tenaga pendidiknya yang diwajibkan mengikuti kegiatan Khataman Qur’an.

“Para guru, wajib khatam qur’an satu kali selama Ramadhan,” kata Supiyan Sakti di Masamba Kabupaten Luwu Utara, Kamis (06/04/2023).

“Jadi, kami bagi habis. Masing-masing guru dapat satu jus. Ada juga yang dapat satu jus untuk dua orang karena jumlah tenaga pendidik 40 orang,” tambahnya.

Supiyan juga menuturkan, setelah khatam di sekolah, guru-guru pun melanjutkan aktivitas mengajinya di rumahnya masing-masing.

“Jadi satu kali khatam di sekolah, selebihnya kembali mengaji masing-masing di rumah,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kegiatan khatam qur’an ini dilakukan di sekolahnya untuk meningkatkan kualitas ibadah para guru, sehingga akan mendatangkan pahala dan kebaikan.

“Rasulullah SAW bersabda, siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya,” ucap Supiyan dengan mengutip salah satu haditst Rasulullah SAW.

“Bacalah Al Qur’an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya” tambahnya.

“Semoga kegiatan ini, makin menambah kualitas ibadah kita kepada Allah SWT. Semoga di penghujung Ramadhan nanti dan setelah Bulan Ramadan, kita semua mendapatkan predikat dan derajat taqwa dari Allah SWT. Amin ya Allah,” tutupnya.