One Click,Pengelolaan Arsip Berbasis Digital, Semua Jadi Cepat

Prasetiani Gautama, memperkenalkan One Click, aksi perubahannya kepada Kepala Bappelitbangda, Moh Arsal Arsyad. Foto, Kapitanews.id / Che

BELOPA—33 peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas atau PKP (Latpim IV.red) Angkatan XIII Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, masing-masing memberikan inovasi terbarunya.

Innovasi ini merupakan karya anak bangsa di bidang pemerintahan yang bertujuan memajukan kualitas pelayanan baik di lingkungan pemerintahan itu sendiri maupun ke masyarakat.

One Click, satu diantara 33 inovasi tersebut. One Click merupakan inovasi berbasis digitalisasi yang mempermudah dan mempercepat proses pengarsipan atau pun akses pencarian arsip pemerintah daerah.

“Judul proyek perubahan saya One Click yakni pengelolaan arsip berbasis digital. Tujuan, melayani tersedianya arsip secara digital dimana mentransformasi semua surat , data kepegawaian dan arsip dari semua bidang bidang dalam bentuk digital, baik data yang masuk maupun keluar,” ujar Prasetiani Gautama Alp, S. Hut.

“Sehingga semua pengarsipan dokumen maupun persuratan tertata dengan baik, dimana dokumen dapat dibuat, dimodifikasi dan dikelola secara paralel, sehingga tidak ada lagi dokumen kertas yang dipindahkan¬†kesana¬†kemari,” lanjutnya.

ASN yang akrab disapa Bu Tia ini lebih jauh menjelaskan, dengan penyimpanan melalui sistem cloud storage ini pengelolaan dapat tertata lewat pengelompokan folder.