Kunjungan Tim Visitasi KI Sulsel di PPID Utama Lutim

Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli Menyambut Kunjungan Tim Visitasi Komisi Informasi (KI) Sulawesi Selatan, di PPID Utama Luwu Timur, Rabu (2/11/2022). Foto: Diskominfo Lutim

LUWU TIMUR, Kapitanews.id – Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli sekaligus sebagai atasan PPID Utama dengan didampingi Kepala Dinas Kominfo SP Lutim H. Hamris Darwis menerima kunjungan Tim Visitasi Komisi Informasi (KI), Ir. H. Benny Mansjur beserta Staf KI, dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Sulawesi Selatan tahun 2022 di PPIDP utama Kabupaten Luwu Timur di Aula Media Center Diskominfo-SP, Rabu (2/11/2022).

Kunjungan ini guna untuk mencocokkan data dalam SAQ dan presentasi badan publik yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Pada saat menerima kunjungan Tim Visitasi Komisi Informasi (KI) Sulsel Sekda Lutim, H. Bahri Suli menyambut dan mengucapkan Selamat datang kepada Tim KI di Luwu Timur dan berharap Tim Visitasi KI bisa melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan oleh PPID Utama di Kabupaten Luwu Timur.

Sekda Lutim juga berharap apa yang telah disampaikan pada ekspose yang lalu di Makassar sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan saat ini. Namun, masukan dari tim penilai masih tetap dibutuhkan untuk perbaikan pelayanan keterbukaan informasi di Luwu Timur.

“Sekali lagi atas nama pemerintah daerah menyampaikan penghargaan dan terima kasih karena Luwu Timur khususnya PPID Utama maupun PPID Desa Balantang masuk dalam penilaian oleh Tim Visitasi setelah ekspos yang lalu di Makassar,” ujar H. Bahri Suli.

Senada dengan perkataan Sekda Lutim, Kepala Dinas Kominfo-SP Lutim, H. Hamris Darwis juga berharap dalam visitasi monev keterbukaan informasi publik yang dilakukan hari ini bisa memberikan hasil yang baik untuk PPID Kabupaten Luwu Timur.

Selain itu Komisioner KI Sulsel, Ir. H. Benny Mansjur, ST. MT mengaku bahwa, berdasarkan penglihatannya, Luwu Timur mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam implementasi keterbukaan informasi publik, terutama dari segi kesiapan sarana dan prasarana.

“Dari segi penyiapan sarana dan prasarana untuk pelayanan keterbukaan informasi, Luwu Timur sangat baik,” ungkap Benny Mansjur.

Lebih lanjut Benny Mansjur menjelaskan bahwa, kegiatan ini bukanlah lomba tetapi kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang bukan hanya dilakukan oleh pemerintah provinsi tetapi juga dilakukan oleh pemerintah pusat sebagai amanat UU 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi.

Selanjutnya, Tim Visitasi melihat langsung proses pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh admin PPID Utama Diskominfo Lutim. Selain itu Tim KI juga memeriksa dokumen pendukung PPID seperti SK Bupati, dokumen daftar informasi publik yang telah diuPPID Utama Diskominfo Lutimpload dan anggaran dalam APBD setiap tahunnya dalam mendukung kegiatan PPID.