Kadis Sosial Palopo Buka Sosialisasi Kampung Siaga Bencana

FOTO : Zulkifli Halid, membuka sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kantor Lurah Maroangin, Kecamatan Telluwanua.(Che)

PALOPO, Kapitanews.id – Kepala Dinas Sosial Kota Palopo Zulkifli Halid, membuka sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kantor Lurah Maroangin, Kecamatan Telluwanua, Kamis (22/02/2024).

Pembentukan KSB di Kecamatan Telluwanua, menjadi pembentukan yang pertama di Indonesia dan hanya ada dua daerah di Sulsel yakni, di Kota Palopo dan Kabupaten Pangkep.

Camat Telluwanua Erick K Siga, dalam menyampaikan, selamat datang kepada rombongan tim dari Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Pemprov Sulsel.

“Kami berterima kasih atas dipilih dan ditunjuknya Kecamatan Telluwanua menjadi tempat pembentukan Kampung Siaga Bencana Kementerian Sosial,” kata Erick.

Erick menambahkan, wilayah di Kecamatan Telluwanua ada yang menjadi langganan banjir, namun pihaknya tidak ingin lagi disebut kecamatan rawan bencana.

Sementara itu, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Pemprov Sulsel Herman, mengungkapkan, agar patut berbangga bahwa Kampung Siaga Bencana ini pertama dilakukan di Indonesia.

“Itu artinya apa? Itu mengartikan bahwa kepercayaan Kementerian Sosial kepada Pemkab Pangkep dan Pemkot Palopo begitu besar, sehingga menempatkan kegiatan ini di daerah kita, kemudian yang menjadi pertama kali pula di seluruh Indonesia,” kata Herman.

Herman menambahkan, pihaknya akan menyeleksi sekitar 60 orang untuk dijadikan pengurus KSB, yang nantinya akan membantu pemerintah dan seluruh masyarakat ketika ada bencana.

“Akan kita ajarkan bagaimana berproses di dalam penanggulangan bencana jika ada terjadi bencana,” jelas Herman.

“Dan yang menjadi relawan KSB ini, adalah yang ingin berbakti kepada bangsa, negara dan wilayah kita. Ini adalah tenaga sukarela, tidak ada gajinya, tidak ada honornya, tidak ada insentifnya, tapi betul-betul pengabdian, pengabdian kepada masyarakat kita,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Haikal, perwakilan dari Kementerian Sosial RI dalam sambutannya bercerita, tentang cikal bakal pelaksanaan KSB di Kecamatan Telluwanua.