Hadirkan Suasana Malioboro di Kota Palopo

FOTO : Dinas Kebudayaan Kota Palopo bekerjasama Dewan Kesenian Palopo, launching Kampung Seniman Jalanan.(Che)

PALOPO, Kapitanews.idPemerintah Kota (Pemkot) Palopo terus mendorong Palopo sebagai kota tujuan dan kota jasa. Segala sektor pun digerakan, termasuk budaya dan kesenian.

Dinas Kebudayaan Kota Palopo bekerjasama Dewan Kesenian Palopo, baru-baru ini launching Kampung Seniman Jalanan, di Taman I’m Palopo City, sabtu malam, (24/2/2024).

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palopo Maghfirani Nassa, menyampaikan, kegiatan ini terinspirasi dari aktivitas malam para seniman yang ada di Malioboro, Yogyakarta.

“Kita ingin menghadirkan suasana Malioboro di Kota Palopo. Bukan berarti kita tidak punya ciri khas, namun ini langkah awal yang tentu kedepan lebih baik lagi dengan suasana ala Malioboro namun kita tengah berada di Palopo,” ujarnya.

Maghfira menambahkan, hal ini tentu tidak mudah, tapi dengan adanya launching ini diharapkan menjadi angin segar untuk mewujudkan “Malioboro” kedua di Kota Palopo.

“Tujuan kita tentu untuk dapat memberikan hiburan kepada masyarakat Kota Palopo yang nongkrong di seputaran Lapangan Pancasila, serta menjadi ajang silaturahmi bagi penggiat seni,” jelasnya.

“Tentu selain itu, kita juga berharap agar tempat ini kita dapat menciptakan ide baru dan kreativitas baru, dalam wadah perkumpulan ini yang akan dilaksanakan setiap bulannya,” lanjutnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Taman I’m Palopo City, Sabtu (24/02/2024) malam dan ditandai pemukulan Gong oleh Kajari Palopo, Agus Riyanto.

Kejari Kota Palopo Agus Riyanto, usai membuka acara tersebut menyampaikan, jika ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Palopo bagi para pegiat seni.

“Ini bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang memiliki karya, kreativitas yang perlu kita tampilkan di Kota Palopo, sebagai budaya peradaban yang baru,” kata Agus Riyanto.

Agus juga mengapresiasi, apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Kota Palopo dengan terlaksananya kegiatan seperti ini.

“Untuk itu, marilah kita sama-sama membangun wadah kampung senja, semoga dapat berkelanjutan ke depan bagi para seniman dan pegiat seni di Kota Palopo,” pungkasnya.

Baca juga berita di Google News