Disbun Kaltim Gandeng TSI Laksanakan Audit ISPO KUD Bumi Subur

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ahmad Muzakkir, S.T., M.Si. (Foto : Ist)

KALTIM, Kapitanews.id – Kolaborasi Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan, Kabupaten Pasir, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser serta mitra kerja pembangunan Solidaridad pada tahun 2023 ini dalam melaksanakan sertifikasi ISPO terhadap KUD Bumi Subur di Desa Kerta Bumi, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Pasir akan mencapai puncaknya pada akhir tahun ini dengan dilaksanakannya audit ISPO oleh Lembaga Sertifikasi Internasional PT. TSI. (30/11/2023)

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ahmad Muzakkir, S.T., M.Si. mengatakan bahwa audit ISPO adalah bagian dari rangkaian kegiatan ISPO Kebun Sawit Rakyat, sebagai upaya Disbun Kaltim mendorong sertifikasi ISPO untuk kebun sawit swadaya. Dan langkah mengakselerasi implementasi Perpres 44 tahun 2020.

“Ini adalah yang pertama kalinya sertifikasi ISPO dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dengan pendanaan APBD FCPF-CF,” ujarnya.

“Alhamdulillah dalam pelaksanaan sertifikasi ISPO kebun sawit rakyat di KUD Bumi Subur ini kita dapat dukungan penuh dari berbagai pihak yaitu dinas perkebunan dan peternakan Kabupaten Pasir, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasir serta mitra kerja pembangunan solidaridad,” sambung Bang Zack sapaan akrab Ahmad Muzakkir.

Tidak hanya itu, Ahmad Muzakkir juga mengimbau agar dalam proses sertifikasi ISPO untuk pekebun sawit swadaya sangat memerlukan dukungan dari berbagai pihak karena banyak aspek teknis yang terkait secara langsung dalam implementasi pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan sesuai Permentan 38 tahun 2020. Yang paling penting adalah adanya komitmen kuat dari pekebun sawit untuk konsisten melaksanakan tahapan-tahapan sertifikasi ISPO sampai tuntas.

“Harapannya di tahun-tahun mendatang makin banyak pekebun yang terlibat dan makin besar dukungan dari berbagai pihak dalam sertifikasi ISPO Kebun Sawit Rakyat di Kalimantan Timur”, tutup nya.

Sementara itu, Kepala Bidang perkebunan berkelanjutan Ir Asmiralda, M.P. mengatakan Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim secara langsung berperan melaksanakan bimbingan-bimbingan teknis, di antaranya, Bimbingan Teknis ICS ISPO untuk petugas, Bimtek SOP penggunaan pestisida, Bimtek pengendalian kebakaran lahan perkebunan, pengukuran dan pemasangan patok batas, puncaknya adalah pelaksanaan audit eksternal ISPO yang saat ini dilaksanakan oleh TSI International Sertification, sebuah lembaga sertifikasi yang telah memperoleh akreditasi oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI.

“Harapan kami, KUD Bumi Subur dapat lulus audit dan memperoleh sertifikat ISPO”. tutup Asmi.

Pada kesempatan ini pula Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser Joko Bawono, S.P., M.Si. menyatakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser telah melaksanakan beberapa kegiatan yang mendukung pelaksanaan sertifikasi ISPO di KUD Bumi Subur diantaranya sosialisasi dan bimbingan teknis ISPO, penerbitan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) dan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) serta bantuan sapras pengendalian kebakaran lahan dan kebun.

Project Leader Solidaridad Anton menyampaikan bahwa solidaridad sejak tahun 2019 melakukan pendampingan di Desa Kerta Bumi kegiatan yang telah dilaksanakan terkait sertifikasi ISPO diantaranya pelatihan-pelatihan Good Agriculture Practices (GAP), penyusunan SOP-SOP, pendampingan permohonan STDB dan SPPL, pelatihan ICS, pelatihan auditor dan pelaksanaan audit internal.

“Pada tahun ini selain KUD Bumi Subur Solidaridad juga melakukan pendampingan di GAPOKTAN Jafloresia Jaya Desa Seniung Jaya, KUD Rukun Karya Desa Suliran Baru kec. Paser Belengkong, desa-desa, kami siap mendukung pemerintah provinsi dan kabupaten dalam mensukseskan ISPO Kebun Sawit Rakyat,” tutupnya

Baca juga berita di Google News