LUWU UTARA, Kapitanews.id – Bupati Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani meminta, layanan aduan SP4N LAPOR! dapat disosialisasikan secara massif.
Ungkapan Bupati Lutra ini, ia sampaikan langsung pada Rapat Koordinasi PPID Pelaksana dan Pengelola SP4N LAPOR! yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo di Aula La Galigo Kabupaten Luwu Utara, Senin (10/04/2023).
Menurutnya, hal itu sangat penting dilakukan, agar para warga dapat mengetahui kanal resmi dalam menyampaikan aduan dan aspirasinya.
“Salah satu permasalahan terkait SP4N LAPOR! adalah belum diketahui dengan baik oleh masyarakat khususnya di pedesaan,” kata Indah.
“Hal ini, berdampak terhadap pengaduan masyarakat yang lebih banyak memanfaatkan media sosial sebagai media pengaduan,” lanjutnya.
“Untuk itu, saya meminta agar sosialisasi mengenai SP4N LAPOR! dioptimalkan dengan melibatkan perangkat desa dan kelurahan,” tambah isteri anggota DPR RI Dapil Sulsel III ini.
Ia, juga meminta Sekretaris Daerah (Sekda), sebagai pejabat penghubung, sekitarnya lebih proaktif menindaklanjuti berbagai aduan yang masuk.
“Masyarakat butuh respon cepat. Dan respon itu, tak selalu langsung harus menyelesaikan masalah tapi juga adalah dengan memberi informasi,” ucap Indah.
“Di mana aduan dimasukkan maka unit layanan harus memberikan respon, sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara dan tidak merasa terabaikan,” tegas Bupati Lutra dua periode ini.
Berbicara terkait pelayanan publik, Indah menyebut pemerintahan ibarat dua sisi mata uang, ada pemberi dan penerima layanan.
“Tempat terbaik pemerintah itu bukan di kantornya, bukan di ruangan ber-AC tapi di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu saya minta agar layanan aduan ini dioptimalkan, didorong dengan komitmen yang tinggi sehingga output dan outcome-nya lebih berarti dan bermakna bagi masyarakat,” tuturnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Luwu Utara, Nursalim Ramli menyebutkan tujuan pelaksanaan Rakor itu, dimaksudkan untuk melakukan evaluasi dan persaman persepsi tentang tugas dan fungsi PPID pelaksana dan SP4N LAPOR!
“Adapun tujuannya, untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab sekretaris sebagai PPID Pelaksana,” sebut Nursalim.
“Membangun kolaborasi antara PPID pelaksana dengan PPID utama serta menyosialisasikan pengelolaan SP4N LAPOR! sampai ke tingkat desa/ kelurahan,” tambahnya.
“Untuk itu, pasa rakor kali ini, pesertanya kita hadirkan para pejabat pimpinan tinggi pratama, para sekretaris, camat, lurah, hingga sekretaris desa,” tutup Kepala Dinas Kominfo Lutra ini.
Diketahui, SP4N LAPOR! merupakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).
Diluncurkan sebagai layanan penyampaian berbagai aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara Nasional.
Aksesnya aduan, aspirasi dan juga permintaan infromasi, masyarakat bisa menyampaikannya di link, https://www.lapor.go.id.